Home Fakta / Mitos Arti Mitos Memegang Patung Candi

Arti Mitos Memegang Patung Candi

Arti Mitos Memegang Patung Candi − Salah satu obyek wisata yang cukup terkenal adalah candi Borobudur, sehingga memahami arti mitos memegang patung candi Borobudur rasanya akan rasanya akan menjadikan kita lebih memahami apa sebenarnya keadaan yang nyata dari adanya cerita mengenai orang yang dapat mencapai patung candi Borobudur ketika sedang menggapai tangannya maka akan mendapatkan keberuntungan. Sudah bukan cerita baru lagi ketika kita mendengar upaya para wisatawan untuk mengulurkan tangannya pada sebuah patung atau arca di candi Borobudur, dan siapa saja yang dapat menyentuh arca tersebut maka segala hajat hidupnya akan terwujud. Kepercayaan seperti ini jelas berkaitan dengan mitos dan hanya merupakan kepercayaan tanpa alasan, karena orang yang berpikir menggunakan logika tidak akan dapat menerima keadaan tersebut. Namun masih banyak orang yang percaya dan mencoba sendiri ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut. Dan salah satu keunikan disana adalah adanya mitos seperti ini, yang menjadikan pengunjung makin penasaran dengan legenda candi bersejarah tersebut.

mitos candi borobudur

Obyek wisata yang satu ini memang cukup terkenal bahkan sampai ke luar negeri, bahkan beberapa waktu lalu sempat masuk menjadi salah satu 7 keajaiban dunia yang merupakan tempat peninggalan sejarah dimasa lalu dimana banyak sekali cerita dan legenda yang dapat kita pelajari dari candi Borobudur, dimana orang disana akan lebih memilih untuk mengunjungi tempat tersebut sebagai kajian sejarah disamping untuk menyegarkan kembali pikiran dengan pemandangan yang menarik. Hal ini memang wajar karena melihat pada patung-patung peninggalan sejarah dan adanya pagoda berupa candi kecil yang tersusun rapi menunjukkan betapa dijaman dahulu sudah memiliki cita rasa seni yang cukup tinggi. Ini sebagai bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah sehingga wajib kita lestarikan dan dipelajari untuk mengingat perkembangan sejarah dari waktu ke waktu semenjak zaman dahulu ketika masih dalam masa perjuangan dan belum terbentuk negara RI seperti sekarang ini. Tentu ini merupakan nilai bersejarah yang akan terus kita pelajari dan diwariskan kepada generasi muda agar senantiasa ingat dengan perjuangan pada leluhur dalam mewujudkan RI seperti sekarang ini.

Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah memiliki banyak nilai sejarah dan salah satunya adalah adanya mitos yang berkembang ketika wisatawan sedang berada disana, yaitu siapa yang dapat memegang patung Buddha atau arca yang ada di dalam pagoda. Menurut mitos yang ada, jika bisa menggapai patung Buddha sambil berdoa, akan mendapatkan rezeki, jodoh, berkah, serta dapat memperoleh pekerjaan yang baik serta kemudahan dalam rezeki.

Konon, untuk pria, harus bisa memegang tumit arca, sedangkan untuk perempuan, harus bisa menyentuh jari kaki, atau menyentuh lutut arca juga bisa. Khusus untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah, harus bisa menyentuh tangan kanan arca. Akan kebenaran dari cerita ini memang tidak ada bukti nyata, namun banyak pula pengunjung yang tertarik ingin mencoba sendiri ketika sedang berada disana. Dan keunikan ini menjadi salah satu nilai lebih tersendiri dari obyek wisata tersebut sehingga kita akan lebih mengingat kembali ketika pernah berkunjung kesana dengan segala keunikan yang ada.

Leave a Reply