Home Fakta / Mitos Mengenal Mitos Kejatuhan Cicak, Konon Hal Buruk Akan Meninmpanya!

Mengenal Mitos Kejatuhan Cicak, Konon Hal Buruk Akan Meninmpanya!

Dalam banyak kearifan lokal di Indonesia, selalu saja ada binatang yang kerap dikait-kaitkan dengan hal mistis. Baik itu sebagai pertanda adanya makhluk gaib penuh cerita misteri di sekitarnya atau sebagai pertanda sebuah hal buruk akan terjadi. Salah satu binatang yang cukup memiliki pamor dalam hal ini adalah cicak. Terutama ketika binatang melata ini menjatuhi seseorang. Mitos kejatuhan cicak memang sudah menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Di berbagai daerah, ada beberapa arti dari kejadian ini dan seringkali dianggap sebagai pertanda akan sesuatu.

Mengenal Mitos Kejatuhan Cicak

Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Primbon Jawa

Tiada yang tahu pasti sejak kapan dan entah darimana mulainya. Tetapi mitos kejatuhan cicak selalu dikaitkan dengan hal buruk, terutama menurut primbon Jawa. Legenda jawa yang penuh cerita misteri mengatakan: Berdasarkan mitos Jawa, arti dan hal yang akan datang pada setiap kejadian bergantung pada posisi jatuhnya cicak tersebut.

Cicak yang jatuh di kepala? Sebagai contoh, cicak yang jatuh di kepala merupakan pertanda bahwa keluarga terdekat akan ada yg sakit parah atau justru meninggal dalam waktu dekat. Hal ini biasanya dikaitkan dengan cerita misteri kematian seseorang yang mendadak, entah kebetulan atau tidak.

Cicak yang jatuh di tangan? Sementara itu, cicak yang jatuh di tangan diyakini sebagai tanda adanya masalah finansial dalam waktu dekat bagi orang itu. Walaupun tidak dikaitkan dengan kisah mistis mana pun, tetap saja pertanda ini menyeramkan bagi setiap orang. Soalnya masalah kantong nih cuy! haha

Cicak yang jatuh di bagian tubuh lain? Mitos cicak jatuh ini sebenarnya masih banyak lagi. Seperti di dada atau perut, pundak, dan kaki. Masing-masing berarti akan datang penyakit dalam waktu dekat (di area jatuhnya cicak itu), kehilangan orang yang disayangi atau pekerjaan, dan datangnya kabar buruk atau aib pada dirinya atau orang yang dia kasihi.

Cicak yang jatuh di dekat tubuh kita? Hanya satu mitos kejatuhan cicak yang bermakna positif, yaitu kalau cicak jatuh di dekat tubuh, yang artinya memang tidak terkena tubuh sama sekali. Arti kejatuhan cicak menurut primbon dalam posisi ini berarti orang tersebut dijauhkan dari petaka dan masalah. Jadi sobat hantupedia bisa siap-siap aja deh! kalo lagi enak-enakan tidur tahu-tahu PLOK! ada cicak jatuh. Sekarang anda tahu maknanya apaan.

Mitos Kejatuhan Cicak di Berbagai Daerah

Tidak hanya dalam primbon Jawa, mitos kejatuhan cicak pun erat hubungannya dengan hal yang buruk di berbagai daerah di Indonesia. Pada umumnya, masyarakat tidak membedakan artinya berdasarkan posisi jatuhnya seperti pada mitos Jawa seperti yang telah kita bahas diatas.

Kejatuhan Cicak sebagai simbol sial secara umum

Kejatuhan cicak pada umumnya dianggap sebagai pembawa kesialan. Yang mengerikan adalah kesialan ini seringkali merupakan kesialan besar atau yang bahkan akan dialami seumur hidup. Hal ini biasanya kemudian dikaitkan dengan cerita misteri yang mungkin sebenarnya tidak berhubungan. Atau bisa juga dengan hal hal gaib yang santer terjadi disekeliling kita.

Pertanda rezeki yang hilang atau kematian seseorang?

Kejatuhan cicak juga sering diartikan sebagai pertanda bahwa rezeki akan diambil orang. Memang tidak ada kisah mistis dalam arti yang satu ini. Tetapi mendengarnya saja sudah membuat kita merasa sial, kan? Mitos cicak jatuh yang lain sering diartikan pertanda bahwa akan ada anggota keluarga yang meninggal. Benar tidaknya memang sulit dibuktikan, walaupun banyak anggota masyarakat yang mengklaim pertanda itu akurat.

Di suatu daerah, masyarakatnya percaya bahwa kejatuhan cicak di ubun-ubun bisa berarti datangnya malapetaka dalam waktu dekat, seringkali dalam hitungan menit. Itulah sebabnya, orang yang mengalami pasti langsung diminta untuk ekstra berhati-hati dan segera berdoa untuk menghindari malapetaka tersebut.

Jadi kalau ada yang bertanya kejatuhan cicak pertanda apa? jawabannya hampir semuanya mengandung hal buruk dan menakutkan. Di Indonesia, mitos kejatuhan cicak sepertinya memang lekat dengan pertanda buruk dan malapetaka bagi semua orang. Terlalu banyak kebetulan untuk menyebut hal ini mitos. Tetapi ada baiknya sobat Hantupedia menghindar dan berhati-hati.

Gimana menurut pendapat sobat hantupedia sendiri soal mitos kejatuhan cicak ini? Apakah ini hanyalah isapan jempol belaka atau memang ada benarnya? Mungkin juga salah satu dari anda pernah mengalaminya sendiri? jangan segan untuk berbagi ceritanya di kolom komentar yak!

compensation mesothelioma, mesothelioma attorney houston, mesothelioma attorney california, mesothelioma compensation, pleural mesothelioma stages, mesothelioma lawyer directory, mesothelioma lawsuit settlements, statute of limitations on mesothelioma claims, lawyers for mesothelioma, mesothelioma settlement fund
close
close