Mitos Seputar Pawang Hujan

Akhir-akhir ini lagi rame dibahas seputar pawang hujan, semua ini karena gelaran MotoGp Indonesia yang pakai pawang hujan di Sirkuit Mandalika. Indonesia satu-satunya negara yang pakai pawang hujan buat gelaran MotoGP jadinya iconic nih.

Sejak kapan sih pawang hujan mulai muncul dan dipercayai sama masyarakat?

Sebenarnya eksistensi mereka tuh bisa ditelusuri dari tradisi setiap daerah dalam cerita rakyat betawi dahulu kala, diyakini ada sepasang dewa-dewi yang diturunkan kebumi buat memperbaiki kondisi alam yang gak seimbang mereka dikenal sebagai nenek dan Aki bontot pasangan tua itu ngajarin manusia mengelola bumi, ngenalin tanda-tanda alam dan hewan serta memperkenalkan alam gaib misalnya kalau para Ayam kelihatan gelisah maka bakal terjadi banjir kalau Ayam dalam kondisi tenang maka keadaan cenderung aman menurut budayawan Betawi Yahya Andi Saputra kisah nenek dan Aki bontot juga menjadi dasar dari profesi unik yang ada dalam masyarakat Betawi yakni pawang hujan.

Di masyarakat Betawi pawang hujan tuh dibutuhin diberbagai macam acara kaya resepsi pernikahan, sunatan dan perayaan hari-hari besar lainnya seperti yang kita semua udah tahu bahwa pawang hujan kerjanya ya mengendalikan hujan biar stop atau supaya nggak turun hujan tapi emang bener pawang hujan tuh bisa ngendaliin cuaca? sebenarnya pawang hujan gak nyetopin hujan kayak yang kita tahu tapi mereka tuh mindahin atau geser hujan ke lokasi lain tiap pawang hujan akan melakukan survei lokasi apakah sedang musim hujan atau enggak?

Pawang hujan yang profesional selalu menggeser hujan kearah laut, aku kutip dari interview Mbah Bejo dengan liputan6.com sebagian besar masyarakat Indonesia ini tuh memang masih memiliki kepercayaan terhadap mitos kesaktian seseorang atau makhluk halus makanya dipercaya pawang hujan tuh bisa geser hujan dengan cara minta bantuan ke Kodam atau makhluk gaib yang tinggal di barang pusaka jadi Kodam ini tuh sebutan buat Jin pendamping manusia jin khodam nggak Semua orang bisa punya khodam penjaga atau khodam pendamping karena cuma orang-orang terpilih yang bisa memiliki khodam makin kuat energi dalam atau bioenergi yang dipunyai sang pawang bisa bergerak dari jarak jauh tapi biasanya pawang hujan nih sebelum reaksi dia survei lokasi dulu nih Pasti buat apa sih survei buat baca arah angin jadi energi yang dikeluarin tuh enggak terlalu besar survei juga berfungsi buat kenalan sama penguasa gaib lokasi itu tempat acara berlangsung mbah bejo juga nyebut ada penguasa atas unsur-unsur itu kayak alvatar nih yang bisa ngendaliin air angin api dan juga lainnya pawang yang mumpuni bakalan bekerjasama sama penguasa air dan angin, ada eng ya di indonesia

Sang pawang yang hadir di lokasi lebih berpengaruh ke keseluruhan proses tapi nggak selalu harus datang bisa kontrol jarak jauh, proses mempercepat hujan tuh lebih pas dilakuin malam hari atau Subuh karena udara lebih dingin dan proses kondensasi lebih gampang kalian penasaran gak sih Gimana caranya hujan tuh bisa ditahan atau dipindahin secara umum yang ditahan atau digeser itu awan Penyebab hujan Bukan hujannya awan itu kan sekumpulan uap air hasil evaporasi didalamnya terdapat muatan elektron muatan elektron inilah yang dimanipulasi sama praktisi pawang hujan dengan ritual tertentu biasanya pawang hujan bakal nyebutin doa-doa pakai beragam medium buat mindahin awan medium itulah yang dikenal masyarakat sebagai sesajen Contohnya kayak bekakak ayam nasi kuning telur bebek telur ayam kopi pahit pisang raja kembang 7 rupa kue apem kalau pakai sesajen bakar kemenyan masang bawang cabe di Sapu lidi biasanya itu manfaatin Kodam ini menurut Mbah Bejo, pawang hujan punya tenaga dalam cukup besar dalam dirinya dan bisa mempengaruhi medan magnetik benda lainnya atau disebut juga telekinesis jadi Medan magnetiknya tuh dimainin dan pawang hujan bisa dorong mindahin nahan bahkan nyedot air ujian selain tenaga dalam cara lain buat nahan awan itu pake tenaga batin diperoleh lewat kekuatan doa atau mantra diperkuat pakai ritual kayak puasa mutih ngelowong dan lain-lain

Dalam pemahaman masyarakat betawi pawang hujan nggak mesti berasal dari orang pintar Semua orang bisa jadi pawang hujan asal berikhtiar dan memahami ilmunya kalau misalnya dalam tradisi Betawi ada dukun pangkeng namanya ini semacam pawang hujan tapi biasanya buat ngamanin resepsi pernikahan tapi ritual nurunin nyetopin hujan nih Gak cuma di Indonesia aja loh ada beberapa negara lain di dunia yang juga ngelakuin upaya pengendalian hujan dari tradisi ritual sampai teknologi

tahu enggak sih sekelas LV pernah nyewa jasa pawang hujan asal Brazil pas itu mereka lebih fashion show di Rio De jeniro tahun 2018 karena even ya outdoor Jadi mereka Panggil semacam pawang hujan supaya acara tetap berlangsung lancar ada juga petani anggur Prancis yang paket teknologi meriam hujan es buat nyelamatin buah mereka setiap beberapa detik mereka ledakin meriam di ruang bawah tanah pemikiran mereka gelombang dari Meriam itu bakalan memecah es sebelum bisa mencapai tanah biar jadi ujan gitu sayangnya baru sedikit bukti kalau meriam hujan es ini benar-benar berfungsi dan efektif

Ada ritual penangkal hujan di Jepang tapi beda sama Indonesia di Jepang tuh pakai boneka nama bonekanya itu Teru-Teru Bozu dipercaya yang pengen cuacanya cerah besoknya Bisa gantungin Boneka itu di jendela atau genteng teru-teru Bozu dibuat dari kain atau tissu warna putih Yang Diikat pakai tali berbentuk mirip-mirip Casper jadi kayak ada semacam mitos yang udah ada dari dulu Jepang kalo ada event tertentu pasti teru-teru Bozu dipasang buat menangkal hujan ada juga penyihir hujan nih dia adalah dukun Jepang dari periode yayoi dengan kekuatan doanya hasil panen tuh bisa berlimpah salah satu buktinya ditemuin di relief pemujaan Oyama di Kompleks kuil Oyama Madera kanagawa pas kekeringan para petani akan berdoa khusus untuk meminta hujan setiap empat tahun penduduk kota Saitama tuh bikin naga-nagaan gitu sebagai dewa naga raksasa dan diarak deh ke jalan-jalan dalam festival hujan yang akarnya berasal dari abad ke-17 naga yang diarak ini tuh panjangnya 36 m dan beratnya 3 ton, titik awalnya berangkat dari kuil shirahige festival ini dikenal dengan Suneo Ri ama Ghaib atau ritual hujan di surga Shima prefektur Saitama jadi sejak zaman kuno kolam kandachi Kake di distrik leoric dipenuhi dengan mata air Nah persegi kemarau orang-orang berdoa memohon hujan di depan kuil Raiden sa di dekatnya doa ini dikatakan efektif tapi di abad ke-17 sebagian besar kolam direklamasi diubah jadi sawah habis Kejadian ini doa-doa buat minta hujan itu enggak efektif lagi diyakini ini karena ular raksasa yang pernah hidup di kolam udah pindah ke halaman kuil Raiden di itakura prefektur gunma solusinya Mereka pergi ke kuil gulma dan bawa balik air kolam dalam tabung bambu ritual ini ternyata manjur dan hujanpun turun jadi setiap kali musim kemarau panjang diadakanlah festival ini

kalau Jepang pakai teru-teru Bozu Thailand pakai serai dan gadis perawan fase ritual dimulai warga setempat nancepin batang serai ke tanah dan gadis perawan bakalan berdoa supaya hujan cepetan berhenti ada juga ritual hae nang maew ritualnya masyarakat crop Ra kalau lagi kurang hujan penduduk desa bakalan ngarep seekor kucing jadi penduduk desa bakalan nyari kucing betina dan masukin ke dalam keranjang bambu habis itu kucingnya diarak deh dari rumah ke rumah di parade itu juga bakalan ada tanah liat yang dibentuk Seperti alat kelamin pria dan wanita ritual ini juga bisa menangkal awan badai dan bikin cuaca jadi cerah

di India ada ritual khusus buat mendatangkan hujan yang disebut waruna yajna biasanya dilakuin sebelum musim hujan datang ritual ini buat memuja dan menyenangkan Dewa Air agama Hindu Baruna yang dipercaya bisa mendatangkan hujan orang India percaya kalau hujan turun itu artinya keberuntungan kalau jarang hujan mereka anggap Dewa lagi marah biasanya ngelakuin ritual ini tuh para pendeta suci di kuil mereka berendam di tong gede yang isinya air

kaget enggak sih? AS juga pernah pakai pawang hujan, ada pawang hujan bernama Hore helias Gonzales yang dikerjain sama pejabat secara diam-diam buat jaga langit tetap cerah di festival konser Marathon sampai pelantikan Presiden dia dibayar sekitar 800 sampai 2000 US Dollar atau kalo dirupiahin sekitar 11 juta sampai 28 juta lumayan ya, di sisi lain para ahli dari University of central Florida dan University of Arizona nemuin Cara aneh buat memberantas kekeringan di seluruh dunia pakai sinar laser mereka bermaksud menginduksi badai hujan dan petir pakai energi tinggi laser

meskipun isinya Sultan semua, tanahnya kaya tapi curah hujannya rendah karena itu presiden CY khalifah bin Zayed Al nahyan soal bertahun-tahun berusaha memanipulasi cuaca pakai angin ionik terbesar di dunia, dia bangun ionezer raksasa, perangkat itu menghasilkan Medan ionik besar jadi ion positif balik ke bumi sementara ion negatif naik ke atmosfer, Pas naik ion negatif ngumpulin partikel debu terjadilah pembentukan es jadi nggak butuh awan buat hujan, selagi masih ada kelembaban sekitar 30% cara tersebut masih bisa dilakuin sekalipun langit cerah

ada undang-undang udara bersih di Atlanta tahun 1970 nih dalam dua dekade setelah pembentukan RUU itu curah hujan rata-rata di Atlanta melonjak hingga 10% penyebab utama dulunya jarang ujan Karena polusi udara yang disebabkan sama pabrik-pabrik Atlanta tahun 50-an dan 60-an jadi awan kurang efisien

Pada upacara pembukaan Olimpiade 2008 china ngerahin 30 pesawat terbang 4000 peluncur roket dan 7000 senjata anti-pesawat yang siap buatnya stop hujan tapi hal itu pro dan kontra terhadap kesehatan lingkungan karena ioda yang di semprot ke atmosfer itu dalam jumlah yang sangat besar

di Afrika Selatan di dekat botswana dan Zimbabwe ada situs pengendalian hujan bernama Ratok ronko berabad-abad lalu para dukun minta ke Dewa buat buka langit dan menurunkan hujan menurut Simon Branson peneliti dan kandidat doktoral di University of Puget Sound, dukun atau pemimpin agama bakal naik ke puncak ratau crown cop terus nyalain api buat membakar sisa-sisa hewan sebagai bagian dari Ritual memanggil hujan yang melakukan ritual itu adalah San suatu kelompok di Afrika bagian Selatan yang hidup sebagai pemburu banyak orang San percaya kalau lemak itu mengandung konsentrasi potensi Supernatural yang tinggi para petani mempekerjakan mereka buat ngenalin hujan.

oh iya kalau misalnya mungkin mitos nih ada beberapa mitos yang rada-rada kocak ada mitos yang kalau belum celana dalam perempuan ke atas genteng katanya bisa nyetopin ujan terus ada juga nih Yang kalau hajatan si empunya acara tuh Mendingan jangan mandi gitu Kalau misalnya dia mandi Takutnya ntar ujan aneh banget

wow itu dia mitos seputar pawang hujan dan ternyata bukan cuma di Indonesia tapi ada juga di hampir seluruh dunia sih dan tadi ada sedikit penjelasan ilmiah mengenai pawang hujan

Post Popular :


Arti memukul pakai sapu, Arti memukul pakai sapu lidi, Mitos memukul anak pakai sapu lidi, mitos memukul pakai sapu lidi